Suara.com - Jelang debat cawapres Pilpres 2024, Gibran Rakabuming Raka melalui akun Twitter miliknya @gibran_tweet membuat theard soal gim. Theard itu dibuka Gibran dengan menyapa, 'hallo wir'.
Gibran menyebut bahwa pasar gim di Indonesia itu nilainya tidak main-main. Mengutip dari data Kemenparekraf, Gibran menyebut nilai pasar gim Indonesia mencapai angka Rp25 triliun di tahun 2022.
"Dengan angka ini bisa traktir nonton 80an juta orang di bioskop. tapi bukan weekend yaaa. Dari angka pasar itu, hanya 0.5% alias sekitar Rp12,5M yang dinikmati langsung pengembang lokal," tulis Gibran seperti dikutip, Kamis (18/1).
Baca Juga:
Fantastik! Pendukung Anies Baswedan Kumpulkan Rp200 Juta dalam Penggalangan Termin 1
Kutuk Penurunan Paksa Videotron Aniesbubble Di Bekasi, Timnas AMIN: Kuat Dugaan Dilakukan Penguasa!
Namun cuit Gibran, tantangan terbesar di Indonesia saat ini, pasar gim dikuasai oleh asing. Padahal katanya, secara total ada 17 subsektor industri kreatif yang sumbang Rp 1300 T dan menyerap 22 tenaga kerja.
"Subsektor satu ini, berpotensi yang luar biasa besar, meski tantangannya hari ini pasar di tanah air masih didominasi produk asing," ungkap Gibran.
Di theard-nya soal gim, Gibran kemudian menyebut gim favoritnya karya anak bangsa, yakni A Space for the Unbound.
Baca Juga: Makin Panas! Timnas AMIN Minta Gus Ipul Mundur Dari PBNU
"Saya nge-gim udah sejak lama.. Sering nyobain game lokal, jadi tahu potensi luar biasanya industri game tanah air.. Beberapa yang nempel banget seperti A Space for the Unbound yang IMO kualitasnya oke dan diapresiasi secara global. Kamu punya game lokal favorit apa?" tanya Gibran.
Sekedar informasi, gim favorit Gibran ini bergenre petualangan yang dikembangkan oleh Mojiken Studio dan diterbitkan oleh Toge Productions. A Space for the Unbound dirilis tanggal 19 Januari 2023 di paltform Nintendo Switch, PlayStation 4, PlayStation 5, Windows, Xbox One, dan Xbox Series X/S.
Mojiken Studio merupakan developer gim yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur.
"ini Dreadout yang game & IP-nya sangat menarik untuk terus dieksplorasi, atau Potion Permit dan Selera Nusantara dengan pencapaian revenue-nya, serta inisiatif MOBA asli buatan tanah air, Lokapala.
Menarik juga loh," sambung Gibran.
Gibran pun berharap developer gim lokal yang menurut data Kominfo ada 98 terus berkembang karena potensi besar pasar di Indonesia.
"Setidaknya 98 game developer lokal (data Kominfo) terus bertumbuh, di mana proyeksi jumlah gamers Indonesia pada 2025 mencapai 192 juta orang. Fantastis yo!!!" cuit Gibran.
"Saya percaya dengan konektivitas antara penciptaan talenta/SDM industri gim dari tingkat pendidikan vokasi, menengah, bahkan tinggi harus tepat mengisi kebutuhan industri. Kita pastikan industri nusantara kita bisa digdaya,"
Di akhir cuitannya Gibran menegaskan bahwa hilirisasi digital menjadi pendorong untuk pengembangan industri kreatif Indonesia di bidang gim.
"Jadi mari kita beri kesempatan anak anak kreatif indonesia agar bisa menjadi tuan rumah di negri sendiri. Hilirisasi digital akan kita dorong agar banyak talent digital mampu menghasilkan karya yang layak dan mencukupi kebutuhan Industri," tutup Gibran.