Suara.com - Seiring dengan teknologi yang kini semakin berkembang, istilah gamifikasi seakan sudah tidak asing lagi untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan pendidikan anak.
Salah satu strategi belajar-mengajar yang menggunakan elemen gim ini dipercaya efektif memotivasi penggunanya untuk mengeksplorasi subyek yang sedang dipelajari, meningkatkan kemampuan kognitif, dan secara tidak langsung menanamkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan pemecahan masalah.
Ada berbagai materi pembelajaran yang bisa digunakan para pelajar maupun masyarakat yang bisa diakses, salah satunya adalah soal pemasaran digital, yang dihadirkan platform pembelajaran Brainly bersama Httpool dan perusahaan induk, Aleph Group.
Dengan kolaborasi ini, kata Devinder Dharma, Managing Director Httpool by Aleph Indonesia, akses pemasar lokal ke komunitas pembelajaran terbesar di dunia dapat dengan mudah dilakukan. Sehingga pemecahan masalah akademis dan bertukar ilmu pengetahuan dapat menjadi fokus utama.
Baca Juga: Melalui Festival Generasi Happy, Tri Edukasi Gen Z Soal Dunia Digital
"Tim terbaik kami di Indonesia sudah siap mendukung para pengiklan lokal, menawarkan pengetahuan komprehensif mengenai periklanan melalui Brainly, tempat terbaik untuk menjangkau pelajar dan Gen Z,” tambahnya dalam siaran pers yang Suara.com terima belum lama ini.
Brainly sendiri merupakan platform pembelajaran terkemuka di dunia dengan basis pengetahuan terlengkap untuk semua tingkatan dan materi pembelajaran sekolah. Lebih dari 300 juta pelajar, orang tua, dan pendidik mengandalkan Brainly sebagai platform terpercaya yang sudah terbukti meningkatkan pemahaman dan proses pembelajaran.
Platform ini menampilkan elemen gamifikasi dalam bentuk poin dan ranking. Ini tentunya akan memungkinkan pengguna untuk lebih terlibat dalam komunitas pembelajaran daring, salah satunya dengan menjawab pertanyaan dari pengguna lain.
Pengguna juga dapat memindai foto menggunakan smartphone untuk menjawab pertanyaan secara instan, tanpa mengganggu proses pembelajaran, serta mendapat bantuan untuk menjawab pekerjaan rumah melalui fitur Community Q&A, Brainly Tutor, Math Solver, atau Textbook Detective yang disediakan Brainly.
“Bagi kami, ini merupakan lanjutan kerjasama yang telah terjalin baik dengan Httpool, yang telah dimulai sejak empat tahun lalu di Polandia. Kami meyakini, Httpool akan berhasil menghubungkan Brainly dengan pengiklan yang menyasar lingkungan yang aman bagi merek dan keterlibatan audiens yang baik,” tutup Micha Frasiski, Global Sales Manager Brainly.
Baca Juga: Investasi Lewat Aplikasi Makin Gampang, Cocok untuk Gen Z yang Baru Belajar Literasi Keuangan