Catat! Ini Sayuran yang Aman Dikonsumsi Penderita Diebetes

Bimo Aria Fundrika

Selasa, 28 September 2021 | 10:05 WIB
Catat! Ini Sayuran yang Aman Dikonsumsi Penderita Diebetes
Ilustrasi sayuran di kios (Pixabay).

Suara.com - Jutaan orang di seluruh dunia sedang berjuang melawan diabetes. Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), sekitar 422 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes dan 1,6 juta kematian secara langsung dikaitkan dengan diabetes setiap tahun.

Diabetes dikenal sebagai penyakit yang terjadi ketika kadar glukosa darah tinggi, yang merupakan sumber energi utama tubuh dan berasal dari makanan yang kita makan.

Kadar insulin memainkan peran utama dalam diabetes karena merupakan hormon yang dibuat oleh pankreas yang membantu glukosa dari makanan masuk ke sel kita, untuk digunakan sebagai energi. Demikian seperti dilansir dari Healthshots. 

Diabetes dapat memengaruhi kemampuan tubuh kita untuk membuat cukup atau insulin apa pun atau menggunakan insulin terlalu baik, karenanya, menyebabkan glukosa tetap berada di dalam darah dan tidak mencapai sel.

ilustrasi brokoli (pixabay).
ilustrasi brokoli (pixabay).

Ini adalah kondisi yang serius, tetapi dapat dikelola dengan merombak pilihan makanan yang meliputi sayuran, dan menangkap tanda-tandanya sejak dini.

Saat memutuskan makanan mana yang akan dimasukkan dalam diet Anda, indeks glikemik (GI) adalah alat yang dapat digunakan. Ini mengukur seberapa banyak dan seberapa cepat makanan meningkatkan gula darah Anda. Skalanya adalah sebagai berikut:

  • GI rendah: 1 hingga 55
  • GI sedang: 56 hingga 69
  • GI tinggi: 70 ke atas

Nah, jika kamu ingin mengonsumsi sayuran yang aman untuk pasien diabetes, berikut ini beberapa pilihannya.

Berikut adalah lima sayuran yang dapat dimasukkan pasien diabetes ke dalam makanan mereka:

1. Wortel

baca juga

Ini adalah sumber beta karoten, serat, vitamin K1 dan A, potasium, dan antioksidan yang baik. Sayuran ini adalah makanan rendah glikemik (16), dan rendah karbohidrat. Sesuai penelitian oleh Journal of Chiropractic Medicine, nutrisi dalam wortel mungkin bermanfaat bagi penderita diabetes.

Studi tersebut menyoroti bahwa asupan serat makanan dapat membantu mengurangi prevalensi diabetes tipe Sayuran ini bisa dimakan direbus, mentah, dan sebagai bagian dari hidangan gurih dan manis.

2. Brokoli

Brokoli dikemas dengan nutrisi dan mengandung zat besi, vitamin C, serat, protein, kalsium, selenium, dan magnesium. Ini dapat membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh pembuluh darah pada pasien diabetes, karena adanya senyawa yang disebut 'sulforaphane'.

Sesuai penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Science Translational Medicine, sulforaphane menghasilkan enzim yang melindungi pembuluh darah dan mengurangi jumlah molekul yang dapat merusak sel. Ini juga membantu melawan anemia, membangun otot, dan rendah GI (15). Sayuran ini bisa dimakan dalam bentuk dipanggang, dimasukkan ke dalam masakan gurih, dan digunakan untuk membuat sup.

3. Bayam

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Pasangan Rumah Tangga Cenderung Alami Masalah Kesehatan yang Sama, Kok Bisa?

Pasangan Rumah Tangga Cenderung Alami Masalah Kesehatan yang Sama, Kok Bisa?

Health | Minggu, 26 September 2021 | 11:15 WIB

Studi: Paparan Ozon pada Lansia Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

Studi: Paparan Ozon pada Lansia Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

Health | Sabtu, 25 September 2021 | 14:58 WIB

7 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan, Bisa Jadi Menu Tambahan Diet Harian

7 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan, Bisa Jadi Menu Tambahan Diet Harian

Lifestyle | Sabtu, 25 September 2021 | 13:30 WIB

Terkini

Arti Desil 1-10 di Kelompok Kesejahteraan Keluarga, Mana yang Dapat Bansos?

Arti Desil 1-10 di Kelompok Kesejahteraan Keluarga, Mana yang Dapat Bansos?

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 14:04 WIB

Tips Cerdas Meminang Honda Brio Bekas: Hindari Unit Eks Laka dan Eks Taksi Online

Tips Cerdas Meminang Honda Brio Bekas: Hindari Unit Eks Laka dan Eks Taksi Online

Otomotif | Kamis, 13 Agustus 2026 | 14:03 WIB

Ekspor UMKM Naik, Tapi 60-70 Persen Pelaku Masih Belum Pernah Kirim Produk ke Luar Negeri

Ekspor UMKM Naik, Tapi 60-70 Persen Pelaku Masih Belum Pernah Kirim Produk ke Luar Negeri

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 14:02 WIB

Rekam Jejak Gus Alex Eks Stafsus Kemenag Terseret Kasus Kuota Haji

Rekam Jejak Gus Alex Eks Stafsus Kemenag Terseret Kasus Kuota Haji

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 14:02 WIB

Program Umrah Jadi Sorotan BPK, Pemkot Bandar Lampung Janji Perbaiki Tata Kelola

Program Umrah Jadi Sorotan BPK, Pemkot Bandar Lampung Janji Perbaiki Tata Kelola

Lampung | Kamis, 13 Agustus 2026 | 14:01 WIB

V BTS Ungkap Alami Gangguan Pendengaran, Makin Buruk saat Jalani Wamil

V BTS Ungkap Alami Gangguan Pendengaran, Makin Buruk saat Jalani Wamil

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 14:00 WIB

Batas Waktu dari MK Mepet, DPR Kebut RUU Ketenagakerjaan Baru

Batas Waktu dari MK Mepet, DPR Kebut RUU Ketenagakerjaan Baru

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 13:56 WIB

Diaspora Indonesia Kembangkan Kuliner Nusantara di Belanda Bersama BNI

Diaspora Indonesia Kembangkan Kuliner Nusantara di Belanda Bersama BNI

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 13:51 WIB

Timnas Indonesia Wajib Waspada, Mesin Gol JDT Selangkah Lagi Bela Malaysia di FIFA ASEAN Cup 2026

Timnas Indonesia Wajib Waspada, Mesin Gol JDT Selangkah Lagi Bela Malaysia di FIFA ASEAN Cup 2026

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 13:51 WIB

Said Iqbal ke DPR: Jangan Bahas RUU Ketenagakerjaan Tengah Malam Seperti Omnibus Law!

Said Iqbal ke DPR: Jangan Bahas RUU Ketenagakerjaan Tengah Malam Seperti Omnibus Law!

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 13:50 WIB

×