Suara.com - Industri game dalam negeri didorong untuk menggerakkan ekonomi virtual di Indonesia. Hal ni disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di sela audiensi dengan gaming hub asal Indonesia Good Games Guild (GGG).
"GGG memiliki misi untuk menciptakan ekonomi dunia maya terbesar dan diharapkan mampu menggerakkan ekonomi virtual Indonesia," kata Sandiaga.
"Visi misi GGG sejalan dengan Kemenparekraf yang tengah membuat Peta Jalan Industri Game Lokal, guna memfasilitasi game lokal di Indonesia, agar game dari Nusantara bisa berdiri lebih maju dibandingkan game luar negeri," sambung Sandiaga Uno.
Ia juga mengapresiasi pencapaian GGG sebagai start-up Indonesia yang telah berprestasi hingga kancah internasional.
Baca Juga: Ulasan Buku Dahsyatnya Gigih, Rahasia Sukses Tokoh Ternama
Dalam kesempatan ini, Sandiaga menyampaikan rencana peluncuran Wonderverse Indonesia -- yang merupakan konsep pariwisata virtual -- di bulan September 2022.
Sementara itu, GGG yang didirikan pada tahun 2021 memiliki tujuan untuk menciptakan ekonomi dunia maya terbesar dengan mensponsori jutaan pemain atau gamer yang bermain untuk mendapatkan penghasilan (play-to-earn).
Lebih lanjut, berinvestasi dalam permainan untuk menghasilkan pendapatan bersama dengan aset dalam berbagai game di bawah Good Games Guild's Labs (inkubator game), dan membangun sistem yang akan meningkatkan masa depan game dan metaverse.
Selain itu, GGG memberikan peluang bagi para gamer dan game maker dalam menumbuhkan ekonomi digital yang merupakan salah satu bentuk usaha di bawah ekonomi kreatif.
Saat ini, GGG telah memiliki komunitas dengan lebih dari 250 ribu orang yang tergabung dan tersebar di seluruh dunia. Ada juga beasiswa yang telah mencapai lebih dari 1.500 pemegang beasiswa aktif dari berbagai GameFi. Selain itu, GGG memiliki lebih dari 50 mitra GameFi dan Metaverse.
Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Start UP Game Indonesia Agar Bisa Bersaing di Kancah Internasional