Suara.com - Aplikasi penyedia layanan musik, Spotify kini resmi masuk dunia virtual alias metaverse melalui Roblox. Hal ini cukup menarik lantaran kebanyakan perusahaan lain memilih masuk metaverse melalui Decentraland dan The Sandbox.
“Hari ini, kami memperkenalkan Spotify Island, surga suara tempat para penggemar dan artis dari seluruh dunia dapat berkumpul dan menjelajahi negeri ajaib suara, pencarian, dan cinderamata eksklusif,” kata Spotify beberapa saat lalu.
Perusahaan besutan Daniel Ek ini menyebut, pulau virtual itu akan terus dikembangkan untuk menyediakan layanan terkini untuk para penikmat musik seperti K-Park yang dirancang sebagai penghormatan terhadap budaya Kpop.
Dua artis pertama yang aktif di ruang ini adalah Stray Kids dan Sunmi. Merchandise Sunmi di Roblox sudah tersedia, sementara merchandise Stray Kids akan tiba dalam beberapa minggu ke depan.
Baca Juga: Sinopsis Ready Player One dan Fakta Menarik Film Metaverse yang Seru
Peluncuran Roblox datang pada saat musik telah menjadi keunggulan kompetitif yang penting untuk platform online game karena mereka memposisikan diri sebagai titik masuk masa depan untuk terlibat dengan metaverse.
Melansir dari Blockchainmedia.id, Fortnite dianggap sebagai salah satu pendukung tren ini, melalui konser Travis Scott dalam game pada tahun 2020. Hal yang sama juga dilakukan Ariana Grande pada 2021.
Roblox sudah menggelar konser virtual pertama pada 2020 silam yang menampilkan Lil Nas X dan sejumlah artis musik dan disambut baik oleh para pengguna.
Pada 2021 lalu, Roblox kembali menegaskan bisnis mereka dengan membawa lebih banyak artis ke dunia game online usai mengumumkan kerja sama dengan Sony Music. Dengan demikian, artis bisa lebih mudah menjangkau penggemar dan mengahasilkan uang.
Spotify yang memiliki lebih dari 2,2 juta daftar putar terkait game mengakui potensi besar dari lini penggemar musik yang lebih muda dengan peluncuran pengalaman gamenya di Roblox.
Baca Juga: Pendapatan Meta Facebook Ambles, Zuckerberg Ngotot Kembangkan Metaverse
Menurut survei Deloitte, dikutip, lebih dari 80 persen orang di AS bermain game, dan gamer Gen Z rata-rata 11 hingga 13 jam per minggu terlibat dengan judul favorit mereka, dilansir dari Techcrunch.
“Kami ingin bertemu dengan generasi gamer berikutnya di mana mereka berada, sambil membuka peluang baru bagi penggemar dan artis untuk terlibat dalam permainan,” kata Alia Calhoun, Kepala Pemasaran Roblox.