Suara.com - Inul Daratista, penyanyi dangdut yang kali pertama dikenal lewat kontroversi “goyang ngebor”, mendadak kembali menjadi buah bibir di media-media sosial lantaran pernyataan sinis yang diunggahnya ke Instagram.
Sinismenya tersebut, dianggap sebagian orang sebagai penghinaan terhadap ulama atau pemuka agama Islam. Namun, tak sedikit pula yang membela dan menyatakan sinisme Inul bukan menghina ulama. Sebaliknya, sinisme itu bisa dianggap sebagai otokritik terhadap politisasi agama terutama menjelang putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.
Polemik mengenai pernyataan sinis Inul tersebut, sebenarnya bukan kali pertama terjadi dalam sejarah. Setidaknya, adalah Diogenes—filsuf Yunani yang dikenal gemar mencela—yang kali pertama mengenalkan metodologi kritik melalui pernyataan-pernyataan sinistik.
Dikisahkan dalam buku “Ancient Greece: Social and Historical Documents from Archaic Times to the Death of Alexander the Great” karya Matthew Dillon, Kaisar Alexander Agung yang tersohor itu suatu kali berniat menemui Diogenes. Keputusan itu dianggap kontroversial oleh para menterinya. Sebab, Diogenes pada masanya dianggap pemikir gila dan tak punya tata krama.
Baca Juga: Tyas Mirasih: Raiden Sudah Cukup 'Puasin' Aku
Anggapan masyarakat itu tidak tanpa alasan kuat. Bukan apa-apa, pola hidup Diogenes memang terbilang ugal-ugalan, bahkan untuk ukuran era kuno sekali pun. Betapa tidak, dia tak pernah mandi, berbusana compang-camping, tinggal dalam peti jenazah, serta mencari makan dari tempat sampah.
Berkat ketidaklaziman hidupnya itu, awam lantas menilai Diogenes hidup seperti anjing atau dalam bahasa Yunani ”kynikos” (seperti anjing). Jauh di kemudian hari, ketika fajar renaissance serta abad modern menyingsing dari barat Bumi, diksi Yunani "kynikos" menjadi akar kata ”sinis”.
Namun, Kaisar Alexander Agung yang nyaris bisa menyatukan seluruh negara di dunia itu tetap menemuinya.
Saat bertemu, kalimat yang kali pertama diucapkan sang kaisar yang melihat Diogenes hidup di gubuk kumuh adalah, ”Diogenes, apa ada yang bisa kubantu?”
Diogenes cuek menjawab tawaran sang kaisar dengan mengatakan, ”Ya, tentu saja ada. Tolong Anda jauh-jauh menyingkir dari lubang masuk. Anda menghalangi cahaya masuk!” Begitulah cara Diogenes mengusir sang kaisar, sekaligus secara sinis mengkritik kaisar yang gemar mengobarkan peperangan atas nama persatuan dunia tersebut.
Baca Juga: Dilamar Sang Kekasih, Tyas Mirasih Ungkap Kesedihan Terdalam
Inul, bukanlah seorang filsuf, apalagi berpola hidup ”kynikos” seperti Diogenes. Namun, merujuk ”cuitan” banyak netizen yang membelanya, Inul bisa dikatakan mewariskan metodologi kritik Dioegenes, yakni melalui pernyataan sinistik.